Seminar “Revolusi KB” 3 Mei 2014

Sabtu, 3 Mei 2014 – PKBI Kota Yogyakarta mengadakan Seminar Pra Muscab dengan tema “Revolusi KB dalam Pemenuhan Hak Kesehatan Reproduksi dan Seksual”. Kegiatan ini menjadi satu dari tiga rangkaian acara Musyawarah Cabang (Muscab) PKBI Cabang Kota Yogyakarta yang dilaksanakan di Gedung DPRD DIY. Seminar ini dilatarbelakangi oleh kondisi Kota Yogyakarta dimana pemenuhan HKSR dirasa masih kurang. Data Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta tahun 2013 mencatat ada 189 persalinan remaja dalam kurun waktu 1 tahun. Data Kementerian Agama Kota Yogyakarta mencatat tentang Dispensasi Kawin adalah sebanyak 3 kasus di tahun 2013. Atas dasar ini perlu adanya cara pandang baru tentang KB tak sebatas pada pembatasan jumlah penduduk melainkan pada pemenuhan HKSR.

Narasumber Seminar ini antara lain: Maesur Zacky, Direktur PKBI DIY; Ibu Siwi, Kantor KB Kota Yogyakarta; Ibu Ardiyanti, Bappeda Kota Yogyakarta, dan kader PKBI Kota Yogyakarta. Seminar ini dihadiri kurang lebih 80 peserta dari berbagai kalangan antara lain; instansi terkait seperti dinkes dan dinsos, komunitas surti berdaya Giwangan, IPM Kota Yogyakarta, Puskesmas Kota Yogyakarta, mahasiswa, dll. Seminar berlangsung kurang lebih selama 2 jam.

Kesimpulan dari seminar ini adalah perlunya Revolusi KB yakni Perubahan yang diharapkan berlangsung secara cepat yang berdasarkan pada ideologi hak kesehatan reproduksi dan seksual (SRHR) sebagai alat unruk menata ulang paradigma, konsep, sistem, infrastruktur dan SDM yang akan menopang program Keluarga Berencana (KB). KB adalah hak kesehatan reproduksi dan seksual.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s